Iklan Responsive di Header

Kenapa Laptop Menjadi Semakin Populer?

Indonewspost.com - Di Lap of Luxury, Laptop menjadi semakin populer, dan sudah berkembang sedemikian rupa sehingga sejumlah pebisnis dan pribadi menggunakannya sebagai satu-satunya komputer mereka. Alasan laptop populer ialah bahwa mereka portabel, mereka memakai daya jauh lebih tidak banyak daripada komputer desktop, dan mereka menciptakan lebih tidak banyak noise. Kerugian dari laptop, bagaimanapun, ialah bahwa mereka seringkali lebih lambat dari model desktop, mempunyai lebih tidak banyak grafik, dan kekuatan mereka guna memproses suara tidak sekuat itu. Namun, saat laptop ditingkatkan, tidak sedikit dari perbedaan ini tidak lumayan substansial guna dapat disaksikan oleh pemakai komputer biasa.


Laptop lazimnya lebih mahal daripada komputer desktop, meskipun tersebut mungkin bukan ongkos lebih lama. Harga dua-duanya terus turun, dengan harga laptop turun lebih cepat. Pada Mei 2005, lebih tidak sedikit laptop dipasarkan di Amerika Serikat daripada komputer desktop.

Laptop dan desktop sebetulnya sangat serupa dalam desain, dengan perangkat empuk dasar yang sama, perlengkapan keras dan sistem operasi. Perbedaan fundamental antara keduanya ialah bagaimana komponen-komponen ini dipasang bersama. Laptop, pasti saja, pasti saja, mesti mempunyai komponen yang lebih ringkas.

Komputer desktop mempunyai motherboard, hard drive, kartu video dan komponen perlengkapan keras lainnya yang dirakit bareng dan ditempatkan dalam wadah besar, yang biasa dinamakan dengan CPU (central processing unit) atau menara. Dalam model desktop, keyboard, mouse, monitor, printer, dan periferal beda terhubung ke menara melewati kabel atau melewati teknologi teranyar terhubung secara nirkabel. Setiap CPU atau menara memiliki tidak sedikit ruang internal tambahan untuk kartu, kabel, dan sirkulasi udara tambahan.

Laptop, pasti saja, jauh lebih kecil dan lebih enteng daripada menara terkecil guna desktop. Baik mouse, keyboard, atau monitor ialah periferal, tetapi bagian dari unit laptop tersebut sendiri. Tidak ada tidak sedikit ruang tambahan untuk sirkulasi udara atau peningkatan kartu. Tidak melulu komponen laptop yang mesti dipadatkan tetapi buatan panasnya mesti jauh lebih rendah daripada komponen desktop, dan mereka mesti menghemat daya yang jauh lebih besar. Demikian ongkos tambahan.

CPU, pun disebut mikroprosesor, bekerja dengan sistem operasi laptop guna mengontrol komputer. CPU ini ialah otak guna laptop. Di komputer desktop, CPU menghasilkan panas yang lumayan besar, sampai-sampai harus mempunyai kipas dan pendingin. Unit pendingin terdiri dari pelat, saluran, dan sirip radiator yang bekerja secara sistematis untuk unik panas dari prosesor.

Laptop mempunyai CPU yang beroperasi pada kecepatan dan tegangan clock yang lebih rendah. Panas berkurang, dan daya tidak terlalu tidak sedikit dikonsumsi, namun prosesornya lebih lambat. Sebagian besar laptop bakal berjalan lebih cepat dan pada tegangan yang lebih tinggi saat mereka memakai listrik daripada saat mereka memakai baterai.

Prosesor laptop tidak memakai pin guna dipasang ke motherboard mereka, yang menghemat ruang. Dua alternatif ialah agar prosesor memasang langsung ke motherboard laptop tanpa soket, atau memakai micro-FCBGA (Flip Chip Ball Grid Array.) Yang terakhir menggantikan pin dengan bola. Namun kelemahannya ialah bahwa empunya tidak bisa mengubah atau menambah prosesor sebab tidak bisa dikeluarkan dari motherboard.

Laptop mempunyai mode melambat, hibernasi, atau tidur. Ini meminimalisir kecepatan CPU saat laptop tidak digunakan. Satu prosesor Macintosh sebetulnya memprioritaskan datanya untuk menolong meminimalkan pengurasan pada baterainya.

Beberapa laptop memakai CPU yang diciptakan untuk desktop, namun yang dirancang guna berjalan pada kecepatan jam lebih lambat. Performa dinaikkan di laptop ini namun mereka ingin berjalan jauh lebih panas daripada laptop lain, dan daya tahan baterai mereka berkurang banyak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel