Iklan Responsive di Header

Heboh ! Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang saat Sunmori

Indonewspost.com - hai bro semua sekalian, ada kabar heboh nih bro, kabar kali datangnya dari dunia pertilangan nih bro. Ya, umumnya yang kita tau kan pasti keseringan pengendara yang terkena tilang itu adalah pemakai mocil alias bercc kecil. Nah sekarang ini tumben banget lho bro moge kena kasus penilangan bro. Yes sesuai judulnya, ada seorang rider yang sedang asik sunmorian, Sunday Morning Ride dengan memakai Moge Kawasaki Ninja ZX10R Ditilang pak pol Lantaran memakai Knalpot Racing bro. Sangat disayangkan banget ya bro, tidak seperti biasanya moge kena tilang seperti ini dijalan asia afrika ini.

Kejadian ini dishare oleh akun Instagram pihak TMC Polda Metro Jaya. Berikut statemennya bro semua :

tmcpoldametro Sudah Memverifikasi kejadian penilangan ZX10R yang ditilang pak pol ini.

"08:25 #PolriPenindakan thd sepeda motor yang Knalpotnya tidak sesuai dg peruntukanya ( Bising) di https://t.co/ys8qLn0lmX Afrika Senayan. https://t.co/H85mobsI4j"

Kejadian adalah hari ini di Jl.Asia  Afrika Senayan, pagi ini, Minggu, 21-07-2019. Kurang lebih pukul 08:25. Twitter TMC Polda menhjelaskan hal ini sebagai berikut :

"08:25 #Polri Penindakan thd sepeda motor yang Knalpotnya tidak sesuai dg peruntukanya ( Bising) di http://Jl.Asia  Afrika Senayan."

Niat Mau Sunmori Malah Kena tilang apes bro.
Bro, kemungkinan besar sih ini adalah motor-motor yang mau Sunmori dengan apparel yang lengkap ala anak sunmori, alias Sunday Morning Ride. Namun malah apes kena tilang bro. Ya benar pada pasalnya dalam postingan TMC Polda Metro Jaya ini, baik fb, IG, maupun Twitter, memposting kejadian ini dengan beberapa motor sport yang nampak ketilang juga.

Nah, itu bro, vixionnya saja pake knalpot racing juga ketilang kok. LebihjJelasnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini!

Beberapa warganet menyampaikan bahwa penilangan ini lantaran ada keluhan warga yang merasa keberisikan atas knalpot ini. Namun itu baru konon katanya doang lho bro. padahal ya untuk knalpot racing di 4 silinder tergolong knalpot yang masih enak terdengar ditelinga kok bro. Kecuali yang motor yang 1 silider yang macam thailook itu.

Aturan Ambang Batas Kebisingan Knalpot
bener bro, penilangan motor menggunakan knalpot racing memang ada aturan bakunya lho. Landasan hukumnya adalah Pasal 285 Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bunyi lengkap pasalnya yaitu :

"Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah)."

Aturan ini juga diperkuat oleh Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 7 Tahun 2009. Dalam aturan ini dikelompokkan bahwa ada ambang batas tingkat kebisingan berdasarkan kapasitas isi silinder mesin sebagai beriku brot:

1. Sepeda motor bermesin maksimal 80 cc ambang batas kebisingan 77 dB
2. Sepeda motor bermesin antara 80-175 cc ambang batas kebisingan 80 dB
3. Sepeda motor bermesin di atas 175 cc ambang batas kebisingan 83 dB

Setidaknya sebelum ada penilangan dari polisi kalian bisa minta polisi untuk meminta request pengecekan ulang memakai alat pengukur DB bro. Itu bisa jadi salah satu juga kalo knalpot kalian yg racing masih aman dan tidak bising.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel